Analisis Investasi & Informasi Pasar Indonesia

Cara Membeli Saham Agar Menghasilkan Keuntungan

Setelah memiliki rekening saham, dan menyiapkan dana di dalamnya, tentu pertanyaan yang berikutnya muncul adalah "Saham apa yang tepat untu dibeli?". Di sinilah tantangannya dimulai!

Saat ini di BEI ada lebih dari 600 perusahaan yang telah menjual sahamnya kepada publik. Untuk meraih potensi keuntungan optimal dari investasi saham pada intinya, anda bisa dapatkan bilamana anda membeli saham yang berkinerja baik dan harganya, saat anda beli masih murah. Dengan demikian harga saham tersebut akan berpotensi naik, sehingga selisih harga beli dengan harga masa depan menjadi keuntungan bagi investor.

Oleh karena itu, sebelum melakukan pembelian saham, seorang investor harus melakukan analisa terdahulu untuk menemukan saham-saham yang layak dibeli.

Ada 2 metode populer yang bisa anda temukan dalam analisis saham. Pertama analisis fundamental dan kedua analisis teknikal. Berikut ini adalah pengertian dan penjelasan singkat dari kedua analisis tersebut.

 Analisis Fundamental
Analisis fundamental adalah analisis saham yang dilakukan dengan cara mengkaji dan mengevaluasi informasi-informasi dan data-data mendasar suatu perusahaan beserta faktor-faktor eksternal yang dapat mempengaruhi kinerja perusahaan tersebut.
Informasi-informasi dan data-data perusahaan yang dikaji dan dievaluasi dalam analisis fundamental yaitu :
  • laporan keuangan perusahaan yang meliputi neraca perusahaan (posisi keuangan), laba-rugi, arus kas (cash flow), dan perubahan ekuitas,
  • informasi direksi perusahaan
  • kekuatan layanan / produk / merk perusahaan
  • faktor eksternal yang mempengaruhi antara lain, kondisi pasar, kondisi makro ekonomi dan lain sebagainya
Pada intinya, analisis fundamental adalah kajian dan analisis dengan cara mencari tahu seakurat mungkin kondisi dan potensi kinerja perusahaan yang sahamnya akan dibeli.
[ Baca Juga : Mengenal Analisa Fundamental Saham ]
Analisis Teknikal
Cara lain untuk menganalisa saham adalah dengan menggunakan analisis teknikal. Analisis teknikal adalah metode analisis saham yang dilakukan dengan cara  memprediksi pergerakan harga saham di masa depan dengan membaca histori pola-pola pergerakan harga saham masa lampau.
Pola pergerakan harga saham yang biasanya digambarkan dalam bentuk grafik candle stick, dibaca dengan teknik tertentu untuk memprediksi pergerakan harga masa depan. Yaitu memprediksi dan mencari target harga dan waktu yang dianggap tepat untuk membeli saham, yaitu ketika harga saham dimaksud dianggap sudah cukup rendah untuk kemudian akan terjadi kenaikan harga. Kemudian memprediksi target harga dan waktu yang dianggap tepat untuk menjual saham yaitu ketika harga saham dimaksud dianggap cukup tinggi sebelum harga saham tersebut terjadi penurunan kembali. Dan menentukan batas toleransi kerugian, yaitu harga terendah untuk mempertahankan saham, ketika harga saham semakin turun (cut lost).
[ Baca Juga : Mengenal Analisis Teknikal Saham
Untuk memahami lebih mendalam mengenai kedua teknik analisa tersebut di atas, silakan melakukan pembelajaran baik melalui berbagai sumber di internet, Youtube, membaca buku investasi saham, mengikuti seminar, bergabung dengan komunitas, melalui group media sosial, atau cara-cara lainnya yang bisa anda temukan saat ini.

[ Baca Juga : Mana yang Lebih Bagus, Analisis Fundamental atau Teknikal? ]
Share:

Recent Posts

Popular Post