Analisis Investasi & Informasi Pasar Indonesia

Mana yang Lebih Bagus, Analisis Fundamental atau Teknikal?

Mendapatkan keuntungan dari investasi saham kerap dikatakan sebagai hal yang sulit oleh investor pemula. Salah satu penyebabnya karena naik turunnya harga saham yang sulit diprediksi.

Ketidakpastian inilah yang menyebakan investasi saham menjadi instrumen dengan risiko yang tinggi. Namun fluktuasi ini pula yang menyebabkan keuntungannya bisa tinggi melebihi instrumen lainnya.

Namun sebenarnya investor bisa melakukan analisis untuk memahami investasi saham dan mendapatkan keuntungan. Ada dua metode analisis saham yang sangat populer dalam dunia saham, yaitu analisis fundamental dan analisis teknikal.

[ Baca Juga : Cara Membeli Saham Agar Menghasilkan Keuntungan ]

Lalu mana yang lebih bagus, dari dua metode analisis saham tersebut?

Pertanyaan seperti ini sering muncul dari investor yang baru terjun ke dunia saham. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, ia perlu bertanya balik kepada diri sendiri tentang apa tujuan Investasi Saham.

Jika anda sudah membaca 2 artikel kami yang berjudul Mengenal Analisis Fundamental Saham dan Mengenal Analisis Teknikal Saham atau bahkan mungkin telah mendalami analisis tersebut, barangkali anda sudah bisa menentukan sediri analisis yang cocok dan lebih bagus menurut anda.

Perspektif Investasi Saham

Namun jika yang ditanyakan adalah pendapat kami, maka untuk menjawabnya perlu kami jelaskan dahulu perspektif yang kami miliki dalam Invetasi Saham.

Membeli saham untuk investasi, artinya mempercayakan sejumlah dana (modal) guna mendapatkan keuntungan dari usaha yang dijalankan oleh rekan usaha (perusahaan). Oleh karena itu hal yang sangat logis jika sebelum memutuskan untuk menggelontorkan modalnya, seorang investor perlu mencari tahu rekan usaha yang amanah (dipercaya) yang akan memanfaatkan modal (dana pembelian saham anda) dengan sebaik-baiknya untuk menghasilkan keuntungan dan terhindar dari kerugian.

Untuk itu seorang investor perlu mengkaji dan mengevaluasi informasi-informasi dan data-data mendasar suatu perusahaan beserta faktor-faktor eksternal yang dapat mempengaruhi kinerja perusahaan tersebut. Analisis dilakukan meliputi hal-hal kuantitatif (keuangan), maupun kualitatif (non-keuangan).

Proses pencarian saham yang ditujukan untuk mendapatkan proyeksi kinerja perusahaan dimasa mendatang ini hanya dapat diperoleh dengan metode analisis fundametal saham.

Kesimpulan Analisis Adalah Proyeksi Harga Saham Masa Depan (Disclaimer)

Baik analisis fundamental maupun analisis teknikal sama-sama bertujuan untuk mengetahui proyeksi harga saham suatu perusahaan di masa depan. Yang perlu dipahami adalah proyeksi harga tersebut bukanlah suatu kepastian. Tidak ada jaminan bahwa kinerja masa lalu akan diulang di masa depan. 

Maka berhati-hatilah dalam investasi saham, buat keputusan dengan landasan analisis yang mantap sebelum membeli saham, karena pasar modal tidak memberi garansi atas kerugian yang terjadi kepada investor.
Share:

Recent Posts

Popular Post