Analisis Investasi & Informasi Pasar Indonesia

Berapa Modal Awal Investasi Saham?

Harga saham yang dijual di BEI sangat bervariasi. Untuk diketahui, harga saham terendah yang diperjual-belikan di pasar reguler dipatok minimal Rp 50,- per saham, adapun harga tertinggi tidak dibatasi. Harga saham tertinggi yang pernah dijual di BEI adalah saham PT. Gudang Garam Tbk pada harga Rp 100.975,- pada tangga 4 Maret 2019.

Saham dijual dalam satuan Lot, dimana 1 Lot itu sama dengan 100 saham. Dengan informasi tersebut dapat hitung bahwa untuk melakukan pembelian 1 lot saham bisa dihitung sebagai berikut, Rp 50,- per saham x 100 (1 lot) yaitu  mulai dari Rp 5.000,- fee (biaya jasa) dari Perusahaan Sekuritas (broker/pialang saham) yang perlukan sebagai perantara dalam transaksi jual-beli saham.

[ Baca Juga : Bagaimana Cara Membeli Saham? ]

Fee di setiap perusahaan sekuritas berbeda-beda, umumnya berkisar 0,15 - 0,25% hingga 0,25% - 0,35% dari nilai transaksi saham (sudah termasuk pajak pertambahan nilai/PPN), dan ditambah pajak penghasilan (PPh) 0,1% khusus untuk transaksi penjualan saham.

Jadi dengan uang senilai Rp 5000,- + fee tersebut kita sudah bisa membeli saham. Namun pastikan, anda melakukan analisa dengan cermat dalam memilih saham yang mau dibeli, agar terhindar dari kerugian.

Sebagaimana dijelaskan, untuk bisa membeli saham diperlukan perantara yaitu Perusahaan Sekuritas. Investor perlu membuka rekening saham melalui perusahaan sekuritas dan menyetorkan dana investasi pada Rekening Dana Nasabah (RDN) pada bank yang bekerja sama dengan perusahaan sekuritas tersebut. Setoran awal minimun RDN berbeda-beda macam-macam bergantung pada kebijakan masing-masing perusahaan sekuritas. Ada yang mematok setoran awal minimal sebesar Rp100 ribu, hingga Rp10 juta atau lebih.

Besaran awal untuk investasi bisa dimulai dari setoran minimal yang dimasukan ke RDN, sebagaimana kebijakan perusahaan sekuritas tempat anda membuka rekening saham. Jika anda mempunyai modal yang lebih, anda bisa menyetor dana ke RDN lebih besar dari yang disyaratkan.

[ Baca Juga : Bagaimana Cara Membuka Rekening Saham? ]
Share:

Recent Posts

Popular Post