Analisis Investasi & Informasi Pasar Indonesia

Potensi Keuntungan yang Didapatkan dari Investasi Saham

Tujuan investasi tentunya adalah untuk menghasilkan keuntungan. Adapun potensi keuntungan-keuntungan yang bisa didapatkan oleh investor saham adalah sebagai berikut.

1. Dividen

Dividen merupakan keuntungan/laba perusahaan yang dibagikan kepada pemegang saham. Biasanya tidak seluruh keuntungan perusahaan dibagikan kepada pemegang saham, tetapi ada bagian yang tetap dimasukan ke dalam anggaran perusahaan agar dapat digunakan sebagai operasional maupun peningkatan perusahaan.

Besarnya dividen yang diterima investor ditentukan dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) perusahaan tersebut.

Namun perlu dipahami, bahwa perusahaan tidak selalu membagikan dividen kepada para pemegang saham. Perusahaan yang sedang merugi atau membutuhkan anggaran untuk pengembangan bisa saja tidak membagikan deviden kepada para pemegang saham.

[ Baca Juga : Cara Mendapatkan Dividen dari Investasi Saham ]

2. Capital Gain

Capital gain merupakan keuntungan yang didapatkan pemegang saham atas meningkatnya harga saham dari harga perolehannya saat ia membeli saham tersebut. Kondisi ini secara alami terjadi pada perusahaan yang memiliki kinerja yang baik, sehingga nilai dari perusahaan tersebut meningkat.

Misalnya, sewaktu membeli nilainya Rp2.000 per saham dan kemudian seiring dengan berjalannya waktu dan meningkat kinerja perusahaan harga jual saham naik menjadi Rp 2.500.

Jadi, selisihnya yang sebesar Rp 500 ini disebut Capital Gain.

Perusahaan berkinerja baik yang berkembang dan menghasilkan keuntungan yang bertumbuh, harga sahamnya bisa naik terus, bahkan kenaikan harga sahamnya bisa melampaui nilai fisik perusahaan itu sendiri. Inilah yang juga menjadi daya tarik investasi dalam bentuk saham.

Untuk mendapatkan keuntungan-keuntungan tersebut, investor pemegang saham harus cermat melakukan analisa terhadap kinerja perusahaan dan mengikuti perkembang kinerja perusahaan.

[ Baca Juga : Cara Membeli Saham Agar Menghasilkan Keuntungan ]
Share:

Recent Posts

Popular Post