Analisis Investasi & Informasi Pasar Indonesia

Bagaimana Cara Membuka Rekening Saham?

Untuk dapat mulai investasi saham, kamu perlu membuka rekening saham. Cara membuka rekening saham cukup mudah. Berikut empat langkah membuka rekening saham:

1. Memilih Perusahaan Sekuritas

Membuka rekening saham bukan di Bursa Efek Indonesia (BEI), tetapi di perusahaan sekuritas. Perusahaan sekuritas yang disebut juga dengan pialang atau broker adalah perusahaan yang mendapat izin usaha dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk dapat melakukan kegiatan sebagai perantara perdagangan efek (broker).

Pilihlah sekuritas yang kredible. Cek apakah mereka memiliki izin sebagai Perantara Pedagang Efek (PPE) atau Wakil Perantara Pedagang Efek (WPPE) dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan tercatat oleh Bursa Efek Indonesia.

Besaran minimal setoran awal untuk modal investasi saham dari masing-masing perusahaan bisa bebeda-beda, perhatikanlah sesuai dengan kesiapan modal awal yang anda miliki. Selain itu lokasi kantor perusahaan sekuritas yang lebih dekat dengan domisili juga bisa jadi pertimbangan.

Untuk mengetahui perusahaan sekuritas apa saja yang ada di Indonesia, anda bisa mulai dengan melihat  website PT. Bursa Efek Indonesia pada tautan ini.

2. Menyiapkan dokumen pribadi

Untuk membuka rekening saham, ada beberapa dokumen yang dipersyaratkan untuk disampaikan kepada perusahaan sekuritas, antara lain:
  • ID Card – KTP/KITAS/Passport. Bagi Warga Negara Indonesia (WNI), maka syarat wajib yang diperlukan adalah KTP yang tidak bisa digantikan dengan SIM atau Passport.
  • NPWP – atau Nomor Peserta Wajib Pajak
  • Buku Tabungan – cover buku tabungan yang tercetak nama dan nomor rekening.
  • Nomor Identitas Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) – jika kamu sudah memiliki rekening saham sebelumnya.
  • Fotokopi KTP dan NPWP Suami serta Fotokopi Kartu Keluarga – bila pekerjaan kamu Ibu Rumah Tangga yang tidak memiliki NPWP.
  • Meterai Rp 6,000 – diperlukan sekitar 2 s.d. 8 meterai yang disesuaikan dengan formulir dan kebijakan dari perusahaan sekuritas.
Dokumen yang dipersyaratkan untuk disampaikan kepada perusahaan sekuritas, secara lebih jelas dapat dilihat pada website perusahaan sekuritas yang anda pilih, atau ditanyakan langsung dengan menghubungi layanan nasabahnya (costumer service).

3. Mengisi formulir perusahaan sekuritas

Hal selanjutnya yang dilakukan untuk membuka rekening saham adalah mengisi formulir pembukaan rekening saham di perusahaan sekuritas yang anda pilih.

Pembukaan rekening saham saat ini semakin mudah dilakukan. Anda bisa mendatangi langsung perusahaan sekuritas, atau mendaftar secara online dengan formulir pembukaan rekening yang bisa diunduh melalui situs perusahaan tersebut. Bahkan kini sudah ada perusahaan sekuritas yang menawarkan pembukaan rekening hanya melalui aplikasi tanpa mengirimkan dokumen fisik.

Perlu dipahami, formulir pembukaan rekening saham umumnya dibedakan menjadi dua jenis yaitu:
  • Rekening Saham yaitu untuk membuka rekening di perusahaan sekuritas dan juga akan digunakan sebagai data yang disampaikan pada KSEI. Rekening ini adalah rekening penyimpanan saham yang kamu miliki.
  • Rekening Dana Nasabah (RDN) adalah rekening dari dana anda, yang ditempatkan terpisah dari rekening perusahaan efek. RDN adalah rekening untuk penempatan dana nasabah yang tidak/belum dibelikan saham.
4. Menyetor deposit awal

Setelah membuka rekening saham, hal selanjutnya adalah dengan menyetor deposit awal. Seperti telah dijelaskan, sebelumnya bahwa besaran minimal setoran awal berbeda-beda, tergantung dari sekuritas yang kamu pilih, ada yang mensyaratkan setoran awal mulai dari Rp100 ribu, ada pula yang lebih dari itu. Hal ini seharusnya sudah anda perhatikan sebelum melakukan mengisi formulir pembukaan rekening saham.

Selanjutnya tinggal menunggu dikirimkannya ID, Password, dan PIN untuk login ke akun saham online kamu, dan kamu juga akan menerima kartu akses KSEI. Proses pembukaan rekening saham bisa memakan waktu 1 sampai dengan 2 minggu sampai Anda dapat mulai bertransaksi atau jual beli saham.

Setelah itu semua, bukalah web perusahaan sekuritas tersebut atau download aplikasi yang disediakan dan kamu bisa mulai bertransaksi saham!
Share:

Recent Posts

Popular Post